Cara Mudah Mengenali Labu Siam, dan nama-nama di daerah masing-masing

Cara Mudah Mengenali Labu Siam, dan nama-nama di daerah masing-masing
Cara Mudah Mengenali Labu Siam, dan nama-nama di daerah masing-masing
Labu siam merupakan tanaman yang banyak disukai masyarakat. Buahnya enk dijadikan sayur. Rasanya enak dan dingin. Buah labu siam bisa diolah menjadi sayur lodeh, sayur siam dilalap masak, dipecel, dan digoreng. Daun labu siam yang muda dapat dibuat menjadi sayur.

Labu siam mempunyai beberapa nama daerah. Orang sunda menyebutnya gamas. Di jawa disebut labu. Di bali di namakan buah Jepang. Dan di Lombok menyebutnya buah jepang atau sepang

Buah labu siam mengandung vitamin. Vitamin yang terdapat dalam buah labu siam adalah vitamin A, B dan C. setiap 100 gram buah labu siam mengandung 20. I.U. vitamin A, 0,02 mgr  vitamin B, dan 13 mgr vitamin C.

Cara mudah mengenali tumbuhan labu siam, 

perhatikan ciri-ciri berikut ini.
  1. Batang berwarna hijau dan terdapat salur-salur.
  2. Permukaan kulit batang agak halus.
  3. Batang merambat dengan ukuran antara 3-10 meter.
  4. Daun bertangkai dan berbentuk seperti telapak kaki itik.
  5. Bunga dan buah tumbuh pada pangkal tangkai daun.
  6. Buah lonjong telur. Ukuran buah tidak merata. Bagian pangkal agak kecil, sedangkan bagian ujung agak membesar. Panjangnya antara 5-12 cm.
  7. Buah berwarna hijau. Akan tetapi, kalau terlalu tua warnanya berubah menjadi keputih-putihan.
  8. Rasa buahnya dingin, umur tanaman dapat mencapai dua tahun.
  9. Pada kulit buh terdapat bulu yang jarang dan tidak keras.
  10. Daging buah enak dan mengandung air.
  11. Biji yang cukup besar dan tidak keras terdapat di dalam buah.
  12. Mahkota bunga berwarna putih
Jika ada diantara anda yang ingin menanam buah labu siam, cobalah sekarang juga. ! caranya sangat mudah. 
  • Ambil buah labu siam yang tua.
  • Tanam di tanah yang sudah digemburkan.
  • Buah hendaknya di tanam miring dan di tutup dengan tanah.

Akan tetapi, harus diingat jangan sampai semua bagian buah tertutup tanah. Usahakan ada bagian yang kelihatan. Labu siam juga dapat dibibitkan dahulu sebelum ditanam. Caranya buah labu siam  yang sudah tua disimpan ditempat teduh sampai tunasnya keluar. 

Setelah tunas tumbuh sepanjang 10-20 cm baru ditanam. Kalau bibit sudah mencapai panjang 20 cm maka tumbuh daun sebanyak 3-4 helai.

Pada saat tanaman telah mencapai ukuran 1 meter, buatkan rambaan berupa para-para dari bamboo atau kayu. Tanaman selalu dijaga agar jangan sampai pucuknya keluar dari para-para yang telah disiapkan.

Tanaman labu siam dapat dipanen setelah tanaman berumur tiga sampai empat bulan. Buah yang dipanen adalah buah yang telah penuh dan padat. Buah yang dipanen terlalu tua rasanya menjadi kurang enak.

Memasak labu siam harus di kupas terlebih dahulu, kemudian diiris-iris sehingga rata. Pada umumnya daging buah labu siam agak kaku dank eras. Irisan labu siam agar dapat menjadi lemas caranya irisan-irisan tersebut direndam dengan air garam atau diremas-remas secara pelan-pelan dengan dicampur garam.
Baca Selanjutnya : Labu Air, Cir-ciri dan Manfaat Menanamnya
Share on Google Plus

About Unknown

Terapi Ekonomi adalah Blog yang Menyajikan Seputar Perekonomian Rakyat Sederhana, Busines, Bisnis On Line Pertanian, Perikanan, Peternakan, Life Style, Tips dan dan info Menarik Lainnya

1 komentar:

  1. PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

    menyediakan M36 (Mikro Mineral) untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www.tokopedia.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

    BalasHapus