Cabe Jawa, Manfaat dan Ciri-cirinya.

Cabe Jawa, Manfaat dan Ciri-cirinya.
Cabe Jawa, Manfaat dan Ciri-cirinya.
Cabe jawa merupakan tumbuhan asli Indonesia. Di setiap daerah dapat di jumpai tumbuhan cabe jawa. Tumbuhan itu sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Nenek moyang kita sangat akrab dengan tumbuhan tersebut. Akar dan daun cabe jawa sering digunakan sebagai obat berbagai macam penyakit.
 
Menanam cabe jawa tidak terlalu sulit, yaitu gemburkan tanah sampai halus, taruhlah pupuk kandang, dan tanam benih. Benih cabe jawa dapat berupa stek batang atau biji yang sudah tua.
 
Pertumbuhan cabe jawa cepat, asalkan rajin merawatnya. Cabe jawa dapat tumbuh baik di daerah yang ketinggian 1.000-1.500 meter diatas permukaan air laut.

Ciri-ciri tumbuhan cabe jawa sebagai berikut :

  1. Tumbuhan memanjat, memiliki akar lekat. 
  2. Batang melilit atau melata dengan panjang mencapai 10 meter. 
  3. Pangkal batang keras, batang cabang agak lunak. 
  4. Daun tunggal berbentuk bulat telur da nada juga yang lonjong. 
  5. Pangkal daun membulat, sedangkan diujungnya runcing. 
  6. Daun panjang berukuran kurang lebih 8-30 cm dengan lebar 3 -13 cm. 
  7. Bunga berkelamin tunggal dengan mempunyai bulir jantan dan betina. 
  8. Bentuk bulir tegak, bulir jantan lebih panjang dari bulir betina. 
  9. Buah majemuk berbulir-bulir, rasa buah agak pedas. 
  10. Buah yang masih muda berwarna hijau dan buah yang telah masak berwarna merah cerah. 
  11. Bentuk buah bulat panjang, bagian ujung agak mengecil. Panjang buah 2-7 cm dengan garis tengah 4-8 mm. 
  12. Permukaan daun tidak rata. 
  13. Biji berwarna cokelat kehitaman dengan panjang antara 2-2.5 cm.
Bagian dari tumbuhan cabe jawa yang dapat digunakan sebagai obat yaitu buah, daun, dan akar. Daun cabe jawa digunakan untuk mencuci mulut atau obat kumur. Caranya mudah, yakni ambil tiga lembar daun cabe kemudian ditumbuk , setelah halus diseduh dengan satu gelas air panas. air seduhan itulah yang dipakai berkumur sehingga mulut akan terasa bersih.

Kalau ada diantara kalian yang pencernaannya terganggu, obati dengan buah cabe jawa, caranya ambil beberapa biji cabe jawa yang kering dan tumbuk halus, campur dengan madu secukupnya, lalu minum.

Memanen cabe jawa usahakan agar buah benar-benar berwarna merah. Jika dipanen sebelum waktunya, hasil pane tidak dapat disimpan lama dan baiasanya sulit dipasarkan.

Tumbuhan cabe jawa dapat digolongkan tanaman menahun karena usia tanaman relative lama. Jika tanaman terlihat tua, beri pupuk yang cukup. Tanah di sekitar pohon juga di gemburkan. Jika tanahnya terlalu kering, siramlah secara teratur agar tumbuh cabang baru dan daun akan segar kembali.

Cabe jawa mempunya beberapa sebutan, di Sumatra tumbuhan itu disebut Lada Panjang atau Tumbuhan Panjang, di jawa ada yang menamakan Cabean, Sula atau Cabe Jame. Di Madura di sebut Solah. Dan di Sulawesi dinamakan Cabia dan Lombok namanya Sebia Tandan.
Share on Google Plus

About Unknown

Terapi Ekonomi adalah Blog yang Menyajikan Seputar Perekonomian Rakyat Sederhana, Busines, Bisnis On Line Pertanian, Perikanan, Peternakan, Life Style, Tips dan dan info Menarik Lainnya

2 komentar:

  1. Yang butuh bibit tanaman atau buah Cabe Jawa, bisa hubungi kami di 082136712513 atau chasiapro@gmail.com. Siap kirim ke seluruh Indonesia. Trims Prabowo JOgja

    BalasHapus
  2. Buah cabe jawa dari Tanaman yg jantan manfaatnya sama tdk ya pak

    BalasHapus